Dirgantara

Engineer Power Point

Ceritanya di bagian kerja saya akhir-akhir ini sedang troubleshooting sebuah alat. Sebagai seorang engineer baru (junior katanya), saya sering diminta bikin perubahan gambar, biasanya wiring, kadang routing kabel gitu. Gambar perubahan itu nantinya dijadiin sebagai dokumen tertentu untuk operasi uji coba.

Nah, cerita awalnya waktu pertama kali diminta gambar perubahan wiring, atasan saya minta digambarin cepet yang sederhana aja yang penting informatif. Nah, namanya engineer kalo ngomong soal gambar langsung dah nghubungnya ke gambar teknik yang biasanya gambarnya pake software autocad. Nah, saya sebagai seorang engineer baru dengan gaya nya langsung deh buka autocad. Karena udah lama gak pake autocad, saya otak atik, cari sana sini tools nya kok ngrasa beda, agak aneh dan kaku, dan karena atasan saya dari tadi nontonin saya, waduh tambah grogi nih jadinya malah gak nemu nemu. Sampe atasan saya lalu bilang, “udah digambar sederhana aja kayak gini”, beliau sambil bikin sket di kertas gitu. “Gampang sih, garis garis gitu doang”, batin saya. Tapi kok rasanya mau digambar di autocad jadi kaku dan susah gini yak. Mau nge-close autocadnya pun rasanya malu eh soalnya masih dilihatin sama atasan saya. Hehehee….

Akhirnya atasan saya ninggal saya sebentar katanya. Nah, muncullah pikiran kreatif nan genius saya (huweekkkss), saya buka software corel draw buat gambar itu wiring. Karena saya lumayan sering pake corel draw, akhirnyaaa gambar wiring itu selesai saya gambar. Huehehehee (ketawa iblis)… dengan bangganya saya bilang sama atasan saya, “Pak, gambarnya sudah selesai”. Lalu beliau lihat dan bilang “oke, jadikan pdf ya”. “Siap Pak”, jawab saya dengan bangga. Haha. Daan, sebuah musibah terjadi, waktu saya klik icon save, muncullah kotak informasi aktivasi serial number corel draw. Pas saya ignore, dia masuk lagi ke corel. Kalo saya klik save lagi, muncul lagi itu kotak. Sebenernya saya punya patch corel draw (ssstttt…), tapi itupun percuma soalnya kalo mau nge-patch pasti minta password administrator itu komputer yang saya pake.

Wooh, bingung mau gimana lagi, udah bilang selese dan ditunggu, masak mau digambar lagi kan jadi lama lagi. Nah, cling, ide cemerlang saya muncul lagi. Hahaha. Gambar yang sudah selese di corel tadi saya biarkan di desktop komputer, trus saya keluarkan jurus ampuh itu, “Printscreen”. Huehehehe.. dari printscreen itu lalu saya paste ke microsoft word, lalu saya save-as ke pdf. Jadi deh. Cerdas kan ? hahahaa (silakan muntah). Lalu pdf itu saya kirim ke email atasan saya dengan bangganya, dan kerjaan saya sekarang sudah beres. Makasih printscreen. Haha…

Abis kejadian itu saya jadi mikir, tentunya lain waktu saya bakal diminta bikin perubahan gambar wiring lagi. Kalo pake autocad, saya harus banyak berlatih lagi biar luwes, kalo pake corel draw udah gak mungkin wong gak bisa save kok. Trus pake apa ya ?

Nah, saya keinget cerita si Faqih, temen kuliah saya, dulu waktu dia KKN diminta dosen pembimbingnya bikin poster pake software microsoft power point. Waktu itu saya heran, emang bisa ya power point dipake bikin poster, bukannya Cuma bisa buat bikin presentasi aja?! Penasaran kan. Pada akhirnya saya coba-coba sendiri bikin poster dari power point. Waktu itu bikin poster buat lomba di Surabaya. Daaan ternyata hasilnya lumayan bagus lohh. Meski tools untuk bikin dan modifikasi objek gak selengkap corel draw, hasilnya gak jauh beda. Intinya kan outputnya sama-sama pdf. Hehee.. nah, lagi kelebihannya power point itu lebih gampang dan simpel aja buat bikin objek dan perpaduannya. Cuma kelemahannya untuk nempatin objek gak se-luwes dan se-bebas corel draw aja. Ini nih hasil poster yang dibikin pake power point dulu :

AEC_banner_PNG

Trus ini leafletnya :

Slide1 Slide2

Keren kan ? hehehe

Setelah itu, saya coba gambar wiring di corel draw yang gagal tersimpan itu saya gambar lagi di power point. Hasilnya ternyata lebih bagus yang saya gambar di power point. Yess, nemu juga akhirnya program yang enak buat gambar. Huehehehee..

Sejak saat itu, saya putuskan lah kalo diminta bikin gambar, sketch atau ilustrasi gitu selalu saya pake senjata andalan saya, yaitu “power point”. Hehee.. Kalo dihitung dari awal suruh bikin perubahan gambar itu sampai sekarang sudah belasan wiring dan routing yang saya gambar pake power point. Pun atasan saya sampai sekarang pun nggak ngelarang atau ngejek saya gambar pake power point. Malah kata salah satu bapak senior yang jago autocad, gambar saya pake power point itu disebut gambar IT, yang nggak semua orang bisa dan mau ngerjain. Huaduuh, tambah bikin terbang aja ini pujiannya. Hehehee…

Yah, tapi ada juga sih senior yang ngetawain saya waktu tau saya gambar pake power point. Tapi senior yang ngetawain ini adalah senior kakak tingkat langsung, ya beda setahun dua tahun lah sama saya. Kalo senior yang umur segitu mah ejek-ejekan sudah biasa. Pun akhirnya mereka diem sendiri waktu tau hasil kerjaan gambar saya pake power point. Hahaha…

Naah, makin sering saya gambar pake power point ini, sekarang Alhamdulillah kecepatan gambar saya makin bertambah. Kalo dulu misal bikin gambar wiring pake power point ini bisa nyampe sejam baru selese, nah sekarang mungkin gak nyampe 15 menit sudah selese ngegambarnya.

Sekarang, temen-temen ngasi sebutan baru ke saya, “engineer power point”. Hahaha. Entah itu sebutan buat muji ato ngejek saya nggak tau. Ya, tentunya saya terima saja, karena memang begitulah apa adanya. Jadi mulai sekarang kalo sobat sekalian mau pengen digambarin sesuatu, sini kasi saya draftnya, nanti saya gambarin pake power point. :)))

Ini nih hasil karya saya yang pake power point :

Silakan dinilai sendiri…😀

 

karya1 karya2 karya4

Leave a Reply

